Utama    |    Profil    |     Education    |    Fasilitas    |    Selayang Pandang     |    Prestasi    |    Buku Tamu    | Ektrakurikuler    |    The Best Program
MASJID NURUL ILMI
SMA NEGERI 20 SURABAYA
 


Masjid Nurul Ilmi

Nurul Ilmi Menjadi Sumber Inspirasi Pribadi yang Muslim


   Masjid Masjid Nurul Ilmi SMA Negeri 20 Surabaya yang pembangunannya telah diresmikan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Dra. Hj. Chofifah Indar Parmawansa kini tampil beda,hal itu setelah dilakukan renovasi pembangunan atau mengalami perluasan. Masjid yang semula hanya mampu menampung 200 jama’ah, namun setelah dilakukan perluasan kini telah menampung sebanyak 400 lebih jam’ah. Meski demikian, hal itu masih belum mampu menampung seluruh jama’ah yang ada di SMAN 20 Surabaya. Karena itu, masjid yang luasnya sekitar 400 m2 ini renovasi pembangunannya telah menghabiskan dana sebesar Rp. 125 juta lebih itu, rencananya juga bakal diperluas kembali. Menurut koordinator perluasan pembangunan masjid, Drs. Syaifullah , untuk melaksanakan renovasi pembangunan tersebut, sebagian besar dananya berasal dari swadaya. Yakni, dari bantuan atau sumbangan warga sekolah sendiri, diantaranya berasal dari infaq para siswa, baik siswa kelas X, kelas XI maupun dari para siswa kelas XII yang semuanya terkumpul sebesar Rp 28.529.850. Infaq dari para wali murid/siswa sebesar Rp 27.789.900, infaq dewan guru sebesar Rp. 17.862.000 dan bantuan sumbangan dari para alumi SKI sebesar Rp 5,1 juta. Ditambah infaq masjid sebesar Rp 893.500 serta dari hamba allah yang lain sebesar Rp. 2,7 juta. Guru Mapel (mata pelajaran) Agama Islam ini menambahkan, renovasi pembangunan masjid tersebut dmaksudkan untuk menambah daya tampung para jama’ah , yang kini jumlahnya semakin bertambah. Baik jama’ah dari kalangan siswa, guru maupun dari jama’ah masyarakat sekitarnya. “Untuk menampung para jama’ah yang semakin bertambah itu, maka kita harus memperluas tempat ibadah (masjdi) Nurul Ilmi ini,” ujar Syaful .


   Tingkatkan Iman dan Taqwa Dijelaskan bahwa selain berfungsi sebagai asarana ibadah shalat lima waktu, masjid tersebut juga difungsikan sebagai salah satu sarana peningkatan keimanan dan ketaqwaan baik dikalangan para siswa maupun semua warga SMAN 20 Surabaya--baik para guru maupun karyawannya. Selain itu, juga menjadi sarana belajar mengajar serta menjadi tempat sarana praktek beribadah utamanya bagi para siswa yang selama ini menekuni pendidikan agama islam. Serta sebagai sarana tempat pengkajian kitab suci Al-qur’an, pengumpulan/pembagian berbagai zakat dan berbagai kegiatan kesilaman lainnya. Jadi lanjut Syaiful panggilan akrbanya, selain menjadi sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan-- masjid tersebut juga menjadi sarana pengamalan ajaran agama islam yang lain bagi warga SMAN 20 Surabaya. Karenanya, semua warga sekolah di sini wajib melaksanakan shalat berjam’ah baik itu shalat lima waktu, shalat jum’at maupun shalat yang lain seperti shalat taraweh pada bulan rhamadan. Demikian halnya pada kegiatan Pondok Rhamadan, semua warga SMAN 20 Surabaya –khususnya yang beragama islam, setiap tahunnya di tempat masjid ini juga selalu dilaksanakan shalat taraweh secara berjama’ah, melaksanakan buka bersama serta sahur bersama selama enam hari berturut-turut selama di bulan rhamadan. “Dengan semua kegiatan itu, diharapkan bukan hanya membuat para siswa menjadi lebih cerdas saja, namun juga lebih beriman dan bertaqwa,” katanya. (rokhim)



    



Best viewed: FF3 or higher, Chrome5 or higher
© 2010 cybertwenty@Surabaya-Indonesia. All rights reserved.